Jumat, 02 Desember 2011

Metodologi Penelitian Sosial (membuat penelitian sederhana untuk Kelas XII)


Metodologi Penelitian Sosial
Pengertian
}  Dalam Kamus besar bahasa Indonesia ,kata penelitian diartikan sebagai pemeriksaan yang teliti atau penyelidikan, sedangkan kata penyelidikan sebagai pemeriksaan atau pengusutan. Kata menyelidiki, berarti memeriksa dengan teliti, mengurut dengan cermat, mempelajari atau menelaah dengan sungguh-sungguh.
Tujuan Penelitian
}  Secara umum penelitian mempunyai empat tujuan utama , yaitu :
}  a. Menemukan sesuatu (pengetahuan) yang baru dalam bidang tertentu
}  b. Menguji kebenaran sesuatu (pengetahuan) dalam bidang yang telah ada
}  c. Mengembangkan sesuatu (pengetahuan) dalam  bidang yang telah ada
}  d. Menulis karya ilmiah seperti membuat skripsi, tesis, dan disertasi.

}  Proses Penelitian
}  1. Merumuskan masalah penelitian dan menyusun hipotesis
}  2. Merumuskan rancangan penelitian sosial
}  3. Memilih Metode Penelitian
}  4. Mengumpulkan dan mengolah data hasil penelitian
}  5. Membuat laporan penelitian
}  6. Mempresentasikan hasil penelitian.
}  2. Konsep-konsep Dasar penelitian
}  A. Konsep
}  Konsep adalah ide-ide, penggambaran hal-hal atau benda-benda ataupun gejala-gejala sosial, yang dinyatakan dalam istilah atau kata.
}  Konsep terbentuk dengan jalan abtraksi dan generalisasi. Abtraksi adalah proses menarik intisari dari ide-ide, hal-hal, benda-benda, juga gejala sosial. Generalisasi adalah menarik kesimpulan umum dari sebuah ide, hal, benda dan gejala sosial yang khusus.
}  Fungsi konsep adalah untuk menyederhanakan pemikiran terhadap ide-ide, hal-hal benda juga gejala sosial agar memungkinkan adanya keteraturan dan memudahkan terjadinya komunikasi.
}  Variabel
}  Variable adalah konsep yang memiliki variasi nilai. Nilai suatu variable dapat dinyatakan dengan angka-angka atau kata-kata.
}  Variable dapat berupa peristiwa (seperti kecelakaan) tingkah laku atau karakteristik dari individu , kelompok, dan masyarakat lainya yang dapat diukur.
}  Berdasarkan hubungannya ,variabel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :
}  1. Variabel bebas
}       Variable bebas merupakan  variabel yang mempengaruhi atau menjadi penyebab variabel lain. Misalnya seleksi tenaga kerja dapat dikatakan sebagai variabel bebas. Sebaliknya , prestasi kerja merupakan variabel terikat.
}      2. Variabel terikat
}      Variabel terikat
}      Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel lain.
}      3.  Variabel moderator
}  Variabel moderator merupakan variabel yang mempengaruhi, baik itu memperkuat maupun mempertemukan hubungan antara variable bebas dan variabel tidak bebas
}  Misalnya, hubungan suami istri akan semakin kuat jika mempunyai anak, tetapi sebaliknya  hubungan tersebut akan renggang  bila ada pihak ketiga. Nah, anak dan pihak ketiga ini merupakan variabel moderator.
}  4. Variabel intervening.
}  Variabel Intervening
}  Variabel ini merupakan variabel yang mempengaruhi, yaitu memperlemah atau memperkuat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, tetapi tidak dapat  diukur dan diamati. Contoh: Gaji karyawan tinggi, pemimpin berprilaku baik, tetapi nyatanya prestasi kerja karyawan rendah. Hal ini terjadi karena karyawan sedang frustasi. Frustasi merupakan variabel intervening.
}  5. Variabel kontrol merupakan variabel yang dikendalikan . Dalam hal ini pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Variabel ini biasa digunakan dalam penelitian yang bersifat membandingkan. Misalnya, perbandingan prestasi kerja karyawan pemasaran antara lulusan SMA dan SMK melalui jumlah penjualan yang dihasilkan mereka. Jadi jumlah penjualan  di sini merupakan variabel kontrol.
}  Hipotesis merupakan  pernyataan  yang dirumuskan dalam bentuk yang dapat diuji dan menggambarkan suatu hubungan tertentu antara dua atau lebih variabel. Kebenaran suatu hipotesis harus diuji terlebih dahulu secara empiris.
}  Pengukuran
}  Pengukuran adalah penggunaan aturan untuk menetapkan bilangan pada objek atau peristiwa.
}  Kata metodologi berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang berarti jalan dan logos  yang berarti ilmu. Metodologi penelitian adalah ilmu yang membicarakan tata cara atau jalan sehubungan dengan adanya penelitian.
}  Metode penelitian menyangkut cara kerja untuk dapat memahami yang menjadi sasaran penelitian yang bersangkutan, yaitu meliputi prosedur penelitian dan teknik penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar